Monday 13 May 2019

TIPS DAN MENU UNTUK ANAK RANTAU (TRUSTED)

SALAM ANAK RANTAU UNTUK TEMAN SENASIB SEPENANGGUNGANKU ! :D
Yaps kali ini aku akan kasih tips buat teman teman rantau yang ragu banget sama makan pagi-siang-sore-malam nih :) so stay tune ya ! hehe
Hasil gambar untuk makanan
 (sumber gambar indonews)

MAKANAN PAGI (BREAKFAST)
  • Bagi kalian yang mau praktis nih bisa makan roti , apalagi kalau kalian yang ada jadwal kuliah pagi ..,roti jadi andalan sarapan pagi kalian. Saran aku ; kalian mending tetap sarapan, walau roti itu bukan makanan berat tapi tenaga kalian setidaknya bertambah. Contoh merk roti yang menurutku enak dan aku konsumsi : BreadTalk (Earthquake Cheese 25,5 k) , Sari Roti ada yang bulat, roti kasur, roti tawar, roti gandum, BreadLife , Dynamic , Tous Les Jours (kisaran 10k keatas)
  • Untuk roti , kalian bisa kombinasiin sama selai nutella yumyum! , ovomaltine , selai lainnya atau dipanggang (kalau gak buru buru ke kampus) hehe
  • Selain roti , kalian bisa menyeimbanginya dengan susu.
  • Untuk kalian yang gak suka susu / alergi bisa menggantinya dengan makan sereal :)atau makan fitbar snack gitu
  • Kalau kalian gak mau roti, bisa makan Quaker Oatmeal dicampur buah-buahan nih teman-teman , bisa juga makan POPMIE (bagi kalian yang mau makan pagi berat tapi praktis)
  • Bagi yang menderita maag/asam lambung pasti dong kalian makan pagi..aku saranin makan bubur , bisa beli bubur instant juga kok di supermarket terdekat. Kalau di dekat kost-an ada jual bubur ,lebih enak makan bubur yg di gerobak sih hehehe :) Kalau makan bubur sih bisa sekitar 10ribu untuk setengah porsi (kawasan benhil jakpus) , kalau 1 porsi bisa 15ribu.
  • Kalian juga bisa makan kacang kedelai nih  + ubi (kalau dekat kost kalian ada yang jual) kalian tinggal panasin ulang . (sesuai selera)
  • Untuk makanan barat sih why not Pizza? Biasanya sih aku beli pizza sehari sebelum makan pagi ku , dan paginya tinggal panasin lagi okehh:) Biasanya pizza itu kisaran 45k tapi worth it kok.. Rekomendasi pizza : Pizza Hut .
  • Gofood/Grabfood ; Pancake/ waffle. bagi kalian yang suka dessert ini wajib nih nyoba breakfast di pagi hari..Recommended Resto yang buka : KFC, MCD . Kalau bukan breakfast sih aku saranin Pancious 
  • BURGER OR hotdog
MAKANAN SIANG (LUNCH)
  • Alternatif pertama kalian bisa beli makanan di kantin kampus
  • Kalau makan siang ini sih biasanya kalian bisa makan sate pake nasi
  • Gado-gado mix nasi / ketoprak mix nasi (porsi kenyang) sekiar 10-12k an sih harga nya
  • Sebenarnya gado-gado, ketoprak, lontong sayur bisa dimakan di pagi hari..tpi aku seringnya sih makan di siang hari karena dekat kost ku gak ada jualan pagi2 hehehe (sesuai kondisi dan selera juga yang teman-teman)
  • Nasi Ayam , nah pasti kalian udah tau banget kan anak kost sering beli makanan ini.. sebenanrnya kalau kalian pengen beli itu mending beli yang paket komplit biar untung. Rekomendasi : Geprek Bensu , Ayam Pak Gembus
  • Nasi + Ikan (Ikan Gulai, Ikan Bakar, Ikan Goreng) ikan emang makanan yang agak mahal dijual dibanding ayam.. tapi jangan terlalu sering makan ayam ya, karna ikan itu walau harganya lumayan mahal tapi proteinnya tinggi..
  • Mie Baso , kalau ujan bagus nih makan mie baso ? hehe
  • JANGAN PERNAH LUPA UNTUK MAKAN SAYUR YA TEMAN-TEMAN. Aku paling recommended banget kalian kalau beli sayur itu brokoli karena brokoli itu sayur anti kanker
  • Kalian bisa kombinasiin brokoli jadi sup brokoli dengan tahu , sup borokoli jagung / brokoli tumis
  • Selain itu , bagi kalian para wanita yang lgi haid , jangan lupa tambah asupan zat besi dengan makan bayam yahh, karna kandungan zat besi bayam sangatlah tinggi
  • Bayam pun bisa di kombinasiin dengan wortel (biasanyan sih hidangan berkuah)
  • Untuk ala anak kost yang punya dapur sih ,boleh masak telur dadar mix borokoli (aku aja suka hehe) atau telor mata sapi/telor dadar . Itu andalan anak kost sih biasanya hehehe
  • Mie Instant dikala gak tahu makan apa..Hmm, kadang aku juga ragu mau makan apa, jadi plan B nya ya masak mie, tapi kalian bisa kombinasiin dengan sayur toge atau brokoli atau sawi hijau sih :)
  • Nah untuk tips anak rantau yang mau hemat, kudu lakuin nih cara aku; aplikasi grabfood trusted banget sumpah.. bukan endorse ye tapi aku ngerasain promonya bejibun. Kayak kemarin ini aku beli Beef fuchisilii pizza hut 51ribu, pake promo OVO jadi bayar 36k :) . Jadi kalian harus pantau banget promo2 yang ada disekitar kalian..dan aku pernah beli Bakmi GM paket hemat 2 itu 51ribu (nasgor,bakmi,pangsit goreng) pake OVO jadi 30k-an .. untung kan bayar 30ribu bisa dapat 3 makanan :) .hehehe
  • Nasi Goreng top markotop!!! (topping sesuai selera). Recommended resto : Bakmi GM (26k yang small) , Nasgor Bakmi Naga (kurang lebih 30k udah dapat udang-baso)
  • Kwetiau ; goreng, kuah :)
  • Nasi Hainan , paket komplitnya sih lebih trusted sih teman-teman
  • KFC , restoran fastfood yang udah tersebar di pulau indo ini pasti udah famous banget sih, kalau kalian bosen makan warteg, kantin kampus.. noh, hedon sekali-sekali gpp wae..lagian kfc juga ada menu yang paket promo so pantengin terus.. selain itu ada LOTTE , MCD, Burger King.
  • Nasi + Soto cocok nih buat hujan-hujan :)
 AFTERNOON MEAL (MAKAN SORE)
  • karna aku maag jadi aku biasanya makan sore itu = makan malam .
  • Tapi kalau kalian yang emang makannya 4 x sehari aku saranin sih makan ; makanan ringan aja seperti chiki (chitato, pringless, lays) semacam snack gitu (makanan cemilan). Bisa juga makan dessert 
DINNER (MAKAN MALAM)
  • Kalian yang ragu mau makan apa bisa gofood atau grabfood sih sebenarnya kayak Hokben, Bakmi Gm, Baso a Fung , dll
  • Dan utnuk menu makan malam sih aku biasanya makan nasi ayam sih , semua menu udah aku sebutin di siang hari .. random aja 
  •  Setelah makan malam biasanya agak sejam-an aku makan buah ; buah pisang, pepaya, anggur , apel ,pir .
SO, INI LAH TIPS DAN MENU UNTUK ANAK RANTAU YANG RAGU BANGET MAU MAKAN APA, aku udah buatin listnya yah, semoga bermanfaat dan membantu kalian di kala galau mau makan apa hehe..
NB : makanan yang aku sebut itu sesuai seleraku dan menurutku enak yah .

No comments:

Post a Comment