Saturday 28 March 2015

Pemanfaatan Internet & Keuntungan Memiliki Blog dalam Proses Pendidikan

KARYA TULIS ILMIAH
BAB I
PENDAHULAN

1.1  Latar Belakang
Internet merupakan bagian yang sangat terpenting pada saat sekarang ini. Semua orang menggunakannya untuk keperluan masing-masing seperti diperkantoran , internet sangat dipergunakan dalam dunia usaha dan juga seperti disekolah untuk perkembangan cara berpikir siswa siswinya agar lebih maju terutama dalam dunia pendidikan.Pesatnya perkembangan internet sekarang ini memunculkan berbagai media, salah satunya adalah blog. Blog di Indonesia sudah berkembang dan kegiatan blogging juga telah menjamur di mana-mana dari berbagai kalangan dan setiap elemen masyarakat. Blog dapat dimanfaatkan di dalam setiap bidang kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan.
Blog merupakan sebuah media yang mempunyai berbagai fasilitas sebagai sebuah website pribadi ataupun institusi. Web blog merupakan sarana untuk menyampaikan informasi secara online yang memiliki fasilitas dasar internet yang mampu menebus batas ruang dan waktu. Ditengah pesatnya perkembangan dunia yang penuh dengan persaingan, informasi merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan. Penyampaian informasi yang cepat dan tepat akan mendukung kegiatan-kegiatan dalam pendidikan terutama dalam pembelajaran. Jadi, kita bisa lihat bagaimana pentingnya internet bagi pendidikan. Namun, disamping itu, internet tidak hanya memberikan keuntungan tapi juga kerugian dalam dunia pendidikan.

1.2  Rumusan Masalah
b.      Apa Pengetian Internet dan Blog?
c.       Apa Manfaat Internet dalam pendidikan?
d.      Apa Manfaat Blog dalam proses pembelajaran?
e.       Bagaimana Dampak negative dan positif internet bagi pelajar?
1.3  Tujuan Penulisan
b.      Untuk mengetahui  pengetian Internet dan Blog?
c.       Untuk mengetahui  manfaat Internet dalam pendidikan?
d.      Untuk mengetahui  manfaat Blog dalam proses pembelajaran?
e.       Untuk mengetahui   bagaimana dampak positif dan negative internet bagi pelajar?




BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Internet dan Blog
Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking yang artinya seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (Packet Switching Communication Protocol) untuk melayani pengguna di seluruh dunia ini. Internet memiliki arti pemahaman yang cukup luas dimana kata internet itu sendiri merupakan kependekan dari kata dari interconnection-networking, bila dijabarkan dari sisi global maka internet memiliki arti sebagai jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) sehingga antara komputer dapat saling mengakses informasi dan bertukar data. 
Blog merupakan singkatan dari "Web Log" adalah sebuah aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan ataupun gambar yang biasa disebut dengan sebuah posting atau postingan dalam sebuah halaman website umum seperti blog. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik biasanya isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya seperti ini. Situs web seperti blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik atau tujuan yang sedang dicari oleh pengunjung atau visitor dari search engine.

2.2  Manfaat Internet dalam dunia Pendidikan
a.       Mencari informasi
Dengan internet kita dapat mencari informasi tentang berbagai hal didunia pendidikan, seperti perubahan kurikulum disetiap tahunnya,berbagai contoh dan cara mengerjakan soal ulangan maupun UN untuk semua bidang studi.
b.      Berkomunikasi / Jejaring sosial
Kita dapat berkomunikasi dengan orang di berbagai pelosok dunia,melalui jejaring social seperti:E-mail,facebook,twitter,dan lain-lain.
c.       Sebagai sarana pembelajaran
Melalui internet kita dapat belajar berbagai hal mulai dari materi yang dipelajari saat ini disekolah,yang telah berlalu,dan yang belum dipelajari.
d.      Sebagai sarana untuk mencari Beasiswa baik diluar maupun didalam sekolah
Dengan internet kita dapat mendapatkan informasi tentang Beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemerintah disetiap tahun/semester, baik itu diluar sekolah maupun didalam sekolah.
e.       Internet sebagai sarana pendidikan jarak jauh
Pendidkan jarak jauh artinya kita tidak harus selalu berada disatu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan. Dengan internet kita dapat mengakses situs Web selama 24 jam sehari, tak peduli dimana pun kita berada.

2.3  Manfaat blog dalam proses pembelajaran
a.       Blog sebagai Sumber Informasi
Dalam dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu guru dan siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan pengetahuannya. Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa dimanfaatkan yaitu blog. Kita bisa mencari berbagai macam pengetahuan dari blog-blog yang ada didunia maya. Memang tingkat keakuratannya tidak begitu tinggi, namun sangat bermanfaat sebagai pelengkap dari pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita ketahui, internet merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi terbaru juga akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan sumber informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.
b.      Blog sebagai Media Pembelajaran
Pernahkah sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya, semakin pesatnya teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi. Belajar bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya guru yang akan menyediakan bahan diblognya, kemudian para siswa akan dituntut untuk membuka blog tersebut untuk mengikuti proses pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat ini.
c.       Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat
Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog. Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan dunia maya. Contohnya siswa yang suka basket, dia tidak akan suka ngeblog. Biasanya siswa yang suka ngeblog itu adalah siswa yang hobby fotografi, sastra, seni atau lainnya. Dengan demikian siswa yang hobi fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil karya mereka diblognya. Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis diblognya. Siswa yang hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater diblognya. Otomatis blog sangat berfungsi bagi dunia pendidikan salah satunya menunjang bakat dan minat siswa. Yah, kalau memang ada siswa yang tida suka ngeblog, sebaiknya jangan dipaksakan.
d.      Blog sebagai Sarana Promosi Institusi
Dengan blog, sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita akan dengan mudah mengetahui informasi tentang sebuah institut pendidikan dari blog khusus yang mereka miliki.

2.4  Dampak positif dan negative internet bagi pelajar
Dampak Positif Internet Bagi Pelajar
a.       Dengan adanya fasilitas internet kaum pelajar akan lebih mudah mengakses sebuah informasi yang terkait dengan pelajarannya. Informasi yang didapatkannya akan lebih luas dengan membaca beberapa referensi yang dapat disaring untuk mencapai sebuah titik temu kesimpulan untuk menambah pengetahuan.
b.      Dapat menambah begitu luas jaringan melalui forum, media sosial dan lain sebagainya guna melakukan diskusi dalam hal positif seperti ilmu pengetahuan, wawasan sosial, keagamaan serta perkembangan teknologi terbaru.
c.       Dengan menggunakan layanan internet secara bijak dengan mengikuti berita-berita terbaru, pelajar diharapkan mampu kooperatif serta aktif dalam menyelami sebuah persoalan sosial yang terjadi dimasyarakat. Dari hal tersebut diharapkan pelajar akan mampu berpikir lebih dewasa dalam menghadapi suatu persoalan.
d.      Selain menambah wawasan, dengan layanan internet seorang pelajar juga dapat melatih kreatifitas dengan mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya dengan belajar berbisnis melalui internet.

Dampak Negatif Internet Bagi Pelajar
a.       Penggunaan internet yang kurang bijak dapat berdampak semakin     rusaknyakepribadian bahkan moral seorang pelajar. Misalnya menggunakan layanan internet untuk membuka situs-situs yang tidak semestinya diakses oleh usia pelajar.
b.      Selain mengakses situs yang tidak semestinya, pelajar yang malas akan menggantungkan sebuah tugas sekolah dengan copy paste konten yang ada diinternet tanpa perubahan dalam suatu tulisan kemudian mengumpulkan tugas tersebut. Hal ini akan mengakibatkan pelajar cenderung semakin menjadi pemalas.
c.       Dengan layanan internet juga dapat mengakibatkan pelajar akan cenderung lupa akan kewajiban belajarnya bila menggunakan internet hanya untuk bermain game atau sibuk dimedia sosial yang membahas persoalan diluar dari tema ilmu pengetahuan.

BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa  internet memberikan kemudahan bagi kita didalam mengembangkan pendidikan dan pengajaran. Kehadiran internet untuk saat ini sudah menjadi kemudahan bagi setiap orang, terutama dunia pendidikan. Namun untuk menjadikan internet sebagai basis pengajaran, kelemahan utamanya adalah ketrsediaan sarana prasarana pendukung. Selain itu, perlu juga didukung dengan tingkat akses yang memadai. Walaupun demikian tetap saja internet telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kemajuan pendidikan Indonesia. Dar segi informasi, dan komunikasi internet telah banyak memberi peluang bagi pendidikan untuk lebih berkembang. Disampig dampak positif, internet juga memberikan dampak negative terhadap perkembangan kepribadian pelajar diindonesia.

3.2  Saran
Semestinya internet digunakan untuk kepentingan yang positif. Himbauan bagi para pelajar, gunakanlah layanan internet sebaik mungkin agar wawasan serta kreativitas dapat terus berkembang. Jangan menggunakan internet untuk membuka situs berkonten dewasa apalagi melanggar norma atau aturan yang ada dilingkungan kita. 


Siswa kelas 9-1 : 
2.   Briliana
4.   Carla Ekardo
Guru Pembimbing :

Daftar Pustaka :
https://www.facebook.com/permalink.php?id=232772793480744&story_fbid=394638173960871
http://kartiniix2.blogspot.com/2013/03/manfaat-internet-dalam-dunia-pendidikan.html
http://firman-ardy.blogspot.com/2014/02/pengertian-dan-definisi-internet_6.html

No comments:

Post a Comment