Friday 11 November 2022

Pengalaman Ikut Magang Virtual di Rakamin Academy, seworth-it itukah?

Brief Introduction!!!!!✋

Rakamin Academy itu apa ?

Dilansir menurut website Startup4Industry, Rakamin Academy adalah platform pelatihan yang menghubungkan expert dari top tech companies, dengan siswa yang ingin belajar, dan perusahaan yang membutuhkan talenta.

Salah satu program yang ditawarkan Rakamin Academy adalah Virtual Internship Experience (VIX), jadi kamu bisa mengikuti magang secara virtual yang nantinya akan diberikan materi pembelajaran dan mengerjakan tugas/projek yang diberikan oleh perusahaan terkait/ yang kamu daftar. 

Bedanya Virtual Internship Experience dengan Magang pada Umumnya :

  • Jadi kalau magang di VIX ini, kamu BUKAN karyawan resmi yang diakui oleh perusahaan terkait 
  • Program magang ini bersifat Unpaid gais. 
  • Untuk mengikuti magang ini, kamu pun ga harus berstatus unemployed, kamu diberi kebebasan untuk ikut program ini diluar dari status kamu yang bersifat employed kok karena gaada surat perjanjian kontrak magang juga. 
  • Dan program magang ini bersifat Projek jadi kamu ga langsung kerja di perusahaan terkait yang diberikan BATAS WAKTU.


Pure Pengalaman Virtual Intern di Rakamin Academy👀

So,tadi itu adalah introduction singkat dari program Rakamin Academy ya gengs, kali ini aku mau spill pengalaman murni aku ikut nih magang virtual, no endorse, ini bener2 murni mau share pengalaman aku.

Jadi pertama kali aku daftar program ini, aku tahunya itu karna follow akun instagram @anakmagang.id disitu ada poster rakamin academy virtual internship gitu, nah penasaran deh aku, terus aku klik linknya. Dan websitenya itu ya ini gengs https://www.rakamin.com/virtual-internship-experience

Karena aku penasaran banget sama nih program, aku daftar atau buat akun di website itu, disitu aku langsung daftar pake akun google aku jadi gaperlu buat password baru lagi. Pertama kali aku masih belum tau apa-apa dan bingung banget mau daftar di company mana ya? 

(sumber : Rakamin Academy)


Terus, akhirnya aku coba daftar di Marketing Outreach - Lifevitae Indonesia. Hal yang perlu kalian siapin ketika mendaftar itu adalah CV kalian yang terupdate pastinya, Nomor KTP kalian, Nama, dan URL sosmed (kalau ini ga wajib sih). Setelah itu, nanti bakal diarahin buat lengkapin profile/biodata diri (alamat, backgroudn pendidikan, kerja, prestasinya apa, dll).

Disclaimer : Untuk daftar program magang ini 1 akun cuman dibatasin 1 kali daftar aja ya. Dan tiap perusahaan itu juga punya kuota / ketetapan masing-masing yang bakal diterima. Jadi kalian harus pinter-pinter nyari perusahaan mana ya yang kalian sendiri berpeluang bisa keterima. 

Nah, aku mau spill juga nih kalau Rakamin Academy VIX ini tu aku ikut yang Batch September. Dan kebetulan startup company "LifeVitae Indonesia" itu kayak baru join/kerja sama jadi masih baru banget. Aku pun kepo sama tugas dan ngapain aja ya perusahaan ini jadi aku apply di company itu. 

Nah setelah itu nanti kalian akan diarahin sama Payment. Awal pertama kali daftar,  jujur kaget ini payment apaan sih? Nah tapi pas aku baca lagi ya ga salah sih namanya juga platform kursus belajar pasti nyari untung juga ga sih wkwkwkw??

Untuk Program VIX ini tu mereka nawarin 2 jalur pembayaran yaitu :

1. Basic : kamu gaperlu bayar sama sekali alias di layarnya nanti muncul Rp 0 ,- tapi harus lewatin tahap seleksi (you are not priority)

2. VIP Access : kamu perlu bayar untuk dapatin berbagai macam fasilitas dari Rakamin Academy buat bisa  DITERIMA MAGANG tanpa jalur seleksi. (prioritas). Nah tergantung kadang2 sih ada diskon juga harus bayar berapa, dan seinget gw sih Rp270.000 itupun ada diskon bisanya jadi Rp240.000 gitu.

DAN GW SAMA SEKALI GAPAKE JALUR VIP ACCESS SIH..JADI YA ISENG2 BERHADIAH MANATAU LOLOS YA GAES YA.

Dan nanti kalian akan dapat notifikasi lewat email setelah daftar dan bakal dikasi tau juga pengumumannya kapan. Dan gw keterima ternyata wkwk 


TIPS DARI GUE BUAT LO YANG GAMAU PAKE VIP ACCESS :

  • Make sure kalian harus bener2 cek ricek company mana yang masih baru, biasanya pas kalian pencet lebih detail tentang company itu bakal muncul berapa orang yang udah nyelesaikan magang itu, nah pas banget waktu itu aku lihat LifeVitae baru 90 orang yang menyelesaikan which is masih baru banget dong nih company kerjasama. Jadi ada faktor keberuntungan juga sih bisa diterima karna peminatnya masih dikit waktu itu.
  • Daftarnya diakhir2 aja gais, karna biasanya bakal ada tuh company2 baru di akhir pendaftaran (ini aku perhatiin pas daftar lagi di bulan November ya)
  • Selain itu, pastiin CV kalian ter-update juga ya dan diusahakan banget emang relate sama apa yang kalian lamar. Karna waktu itu CV aku emang cukup berkaitan sih sama posisi ini.
  • Jangan lupa berdoa gengs wkwkw semoga kuotanya buat kalian dan perusahaanya baik sama kalian , lumayan gaperlu keluar duit udah dapat pengalaman dan ilmu gratis.
Nah overall menurut aku , nyobain pengalaman virtual internship ini sebenarnya lumayan membantu ya. Karena ada ilmu dan wawasan baru yang bisa kalian dapat dari company yang kalian lamar.

Namun disini ada plus dan minus menurut aku sih 
Kelebihan ikut magang ini :
  • Bisa masukin pengalaman di CV maupun LinkedIn, bisa flexing mayan
  • Bisa nambah portofolio kalian buat bangun personal branding juga
  • Mendapat ilmu pastinya
  • Lebih mengenal / paham sama sistem company di perusahaan yang kalian lamar (kayak mereka nerapin sistem yang kayak mana, contoh : mereka pake strategi marketing x)
  • Tiap minggu ada tes/tugas jadi kalian bisa lebih paham lagi nih 
  • Buat VIP Access pastinya langsung lolos seleksi dan dikasih pembahasan/live classroom buat bahas tugasnya
  • Bakal ada pengingat dari Rakamin Academy lewat email kalau kalian belum/lupa kerjain task/tes yang diberikan
  • Dapat sertifikat completion untuk Basic Access, dan untuk VIP access dapat sertifikat completion maupun competencies. 
  • Sistem pembelajarannya didesain secara tertata, jadi berurutan dari level beginner hingga intermediate + ada batas waktu pengerjaan/pembelajaran, hal itu buat kalian gak bakalan mager/ malas alias termotivasi untuk bisa cepat menyelesaikan magang virtual dan segera dapat sertifikat

Note : perlu dicatat ya kalau sertifikat completion itu beda sama competencies.

Kekurangan :
  • Untung-untungan karna kuota nya dikit dan pasti orang yang gunain VIP Access bakal lebih di prioritasin dibanding yang pake jalur Basic
  • Materi pembelajaran juga ya kayak Lecture Class pada umumnya bentuk PPT / Handout gitu
  • Buat yang pilih Basic access gabakal di spill kunci jawaban tugas per minggu dan pembahasannya apa
  • Kurang cocok untuk orang yang tipe belajarnya Auditori sih i guess, karna lebih banyak ngebaca daripada mendengar (beberapa ada dipaparin video penjelasan juga tapi cuman kayak dibaca doang sih yang dari materi itu).
  • Sometimes video yang ditampilin, backsound lebih besar daripada suara narasumbernya (tergantung company yang kalian pilih).
  • Pertanyaan/tes yang diberikan kadang diluar dari materi yang diberikan, sehingga berbekal dari ilmu / wawasan yang kalian milikin juga
  • SETIAP MINGGU TERDIRI DARI 4-6 materi, dan kalian harus menyelesaikan sebelum deadline yang diberikan. Total ada 4 minggu yang harus kalian selesaikan materinya.


Rating aku sih 7.5 dari 10 ya, memang pastinya ada plus maupun minus ya...minus nya bisa dijadiin pertimbangan buat Rakamin untuk improve, di sisi lain emang banyak juga hal positif yang bisa kalian dapat kalau ikut magang ini. Kalau aku bilang sih cukup worth it ya untuk kalian yang ga keluarin duit sama sekali apalagi dapat ilmu gratis. Terus kegiatan ini fleksibel juga....Nah untuk kalian yang keluarin duit pake jalur VIP Access akan aku spill lebih lanjut di next postingan karena aku juga udah pernah mencoba pake jalur VIP di bulan november ini. so stay tune ya temen2!!!!

No comments:

Post a Comment